Praktik Lapangan Keperawatan Maternitas I Prodi Studi S1 Keperawatan

By in , ,
49

Praktik lapangan Keperawatan Maternitas I merupakan praktik awal untuk mengenalkan wahana lahan praktik dan suasana praktik lapangan bagi mahasiswa tahap akademik sebelum memasuki tahap profesi dan bertujuan untuk memberikan peningkatan pengalaman belajar mahasiswa dengan mendapatkan kasus nyata di lapangan.  Pelaksanaan praktik ini dilakukan mahasiswa dengan mengambil kasus kelolaan yang dibuat asuhan keperawatan (membuat pengkajian, menentukan diagnosa keperawatan, dan menyusun perencanaan asuhan keperawatan) yang berkaitan dengan kasus/ masalah di area maternitas.

Pada Tahap ini, mahasiswa juga melakukan skill mandiri dengan diobservasi oleh Clinical Instructur/ CI, namun tidak diperbolehkan untuk melakukan tindakan invasive langsung terhadap pasien. Mahasiswa dapat mencapai keterampilan motorik dengan mengobservasi dan menjadi asisten perawat di lahan praktik. Selain itu, keterampilan dalam pendokumentasian juga dilatih secara bertahap pada praktik lapangan Keperawatan Maternitas I ini.  Selama proses praktik lapangan, mahasiswa didampingi dan diawasi oleh pembimbing atau preseptor klinik dan preseptor akademik. Praktik lapangan keperawatan maternitas I ini juga terintegrasi dengan skill keperawatan dasar dan teknik komunikasi dalam keperawatan.

Praktik lapangan untuk mata kuliah keperawatan maternitas I  dilaksanakan pada semester III dengan jumlah 1 sks. Waktu pelaksanaan dari tanggal 27 januari – 8 februari 2020. Praktik lapangan Keperawatan Maternitas I ini dilaksanakan di 3 Rumah Sakit di daerah Banjarmasin, yaitu : Rumah Sakit Islam Banjarmasin, Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin, dan Rumah Sakit TPT Dr. Soeharsono Banjarmasin.

[Best_Wordpress_Gallery id=”21″ gal_title=”Praktik Klinis”]

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *