Praktik Klinik Kebidanan Komunitas untuk Meningkatkan Keterampilan Pelayanan Kebidanan di Masyarakat

By in
80

Praktik Klinik Kebidanan Komunitas di laksanakan di Desa Bi`ih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan selama 2 minggu pada tanggal 27 Januari-10 Februari 2020. Praktik Klinik Kebidanan Komunitas saat ini berfokus pada menggerakan masyarakat untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui upaya promotif dan preventif. Adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan pelayanan kebidanan kehamilan, bersalin, nifas, bayi baru lahir, bayi dan keluarga berencana pada masyarakat (komunitas), serta melakukan upaya promosi kesehatan dengan melibatkan masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan kuliah pembekalan pada mahasiswa  yang dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2020 oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yaitu Bapak H. Gusti Muhammad Kholdani, SKM, MM dan beberapa dari dosen Fakultas Keperatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yaitu Bapak Hiryadi,Ns., M.Kep, Sp.Kom dan Ibu Hj. Musphyanti CP, SST., M.Pd. sedangkan untuk kegiatan pembukaan dilaksanakan pada tanggal 28 januari di aula kantor kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Dilanjutkan dengan kegiatan Praktik Klinik Kebidanan Komunitas yang terdiri dari kegiatan pendataan penduduk, musyawarah tingkat RT, Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), dan pelaksanaan intervensi berdasarkan temuan masalah. Penutupan dan pemaparan hasil Praktik Klinik Kebidanan Komunitas dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2020 di aula Kecamatan Karang Intan.

[Best_Wordpress_Gallery id=”30″ gal_title=”All images”]

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *