Menyiapkan kurikulum dan pembelajaran bahasa intensive agar mahasiswa mampu bersaing secara global

By in
55

BANJARMASIN, Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Banjarmasin melaksanakanWorkshop Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (Rps) & Modul Pembelajaran Intensive Bahasa. Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu dari hari Senin s/d Selasa, 24 s/d 25 Pebruari 2015, bertempat di Aula Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Kegiatan bertempat di Aula kampus FKIK Universitas Banjarmasin di jalan S.Parman Komplek Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor dan Dekan FKIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Selain FKIK sebagai penggagas acara ini juga dihadiri oleh Fakultas Bidang Keilmuan yang lain dan juga hadir dari kampus lain seperti  perwakilan Dosen Fakultas Bahasa Arab UIN Antasari Banjarmasin dan STKIP PGRI Banjarmasin.

Workshop ini bertujuan agar dapat menghasilkan Rancangan Pembelajaran Semester S1 Keperawatan serta modul pembelajaran yang sesuai dengan standar nasional dan berintregrasi serta berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan global. Hal ini penting seiring dengan era MEA, bagi program studi S1 Keperawatan Ners, pangsa pasar lulusan tidak lagi hanya dalam negeri namun juga luar negeri. Oleh karena itu mahasiswa perlu dibekali ketrampilan khususnya bahasa agar bisa bersaing di mancanegara. Dalam rangka misi tersebut, maka penggunaan RPS yang terstandar akan memberikan dampak terhadap kesetaraan mutu dan peningkatan kualitas lulusan S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan & Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang berwawasan global.

Selain itu dengan workshop ini maka mempermudah untuk memperkenalkan program intensive bahasa yang akan diterapkapkan di program studi S1 Keperawatan, juga menjadi sarana sharing antar dosen pengajar keperawatan, bahasa inggris dan bahasa arab guna merumuskan sub pokok kajian pembelajaran serta kompetensi yang dibutuhkan guna mempersiapkan lulusan S1 Keperawatan yang unggul dan berwawasan global sehingga dapat bersaing diluar negeri dan Pembuatan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) lengkap dengan modul pembelajaran intensive bahasa inggris dan bahasa arab.

Hasil dari dilaksanakannya workshop ini tercapainya kesepekatan sebaran capaian pembelajaran beserta topik baik bahasa inggris dan bahasa arab untuk program intensive bahasa di S1 Keperawatan. Terbentuknya 4 (empat) buah RPS dan modul pembelajaran intensive bahasa arab dan 6 (enam) buah  RPS dan modul pembelajaran intensive bahasa untuk program intensive bahasa di S1 Keperawatan.

[Best_Wordpress_Gallery id=”53″ gal_title=”All images”]

 

 

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *