MENGAPLIKASIKAN KEILMUAN, MAHASISWA D.3 KEBIDANAN MELAKUKAN STUDI KASUS

By in

Banjarmasin, dalam rangka menunjang capain kompetensi yang dibebankan pada mahasiswa, program studi D-3 Kebidanan mewajibkan mahasiswa untuk melakukan asuhan secara komprehensif dan menuangkan asuhan yang dilakukan selama kurang lebih empat bulan kedalam laporan tugas akhir (LTA).
LTA merupakan tugas akhir mahasiswa dalam bentuk laporan studi kasus asuhan kebidanan continuity of care (kehamilan/ persalinan/ nifas dan KB/ bayi baru lahir) yang dituangkan dalam bentuk uraian yang runtut, objektif, mudah dipahami dan berisikan argumentasi yang kuat, serta dapat memberi jawaban atas permasalahan kebidanan yang telah dirumuskan sebelumnya.


LTA yang dibuat oleh mahasiswa meliputi laporan hasil kegiatan Asuhan Kebidanan continuity of care yang dilakukan oleh mahasiswa pada akhir masa pendidikan diplomanya. Penyusunan LTA menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa yang akan mencapai gelar Ahli Madya Kebidanan pada Program Studi D.3 Kebidanan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Bentuk naskah LTA berupa studi kasus asuhan kebidanan sejak kehamilan trimester 3 sampai pasca persalinan dan neonatus.

Ujian LTA dilaksanakan dalam 3 sesi, yaitu pada bulan mei, juni dan juli. jumlah mahasiswa yang mengikuti ujian LTA tahun akademik 2019-2020 berjumlah 30 orang.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi dalam proses penulisan LTA mahasiswa semester 6 tahun akademik 2019-2020

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *