FKIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin melaksanakan Monitoring Evaluasi Seluruh Program Studi.

By in
52

Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan UM Banjarmasin secara serentak dalam dua minggu berturut, mulai dari minggu keempat April hingga minggu pertama Mei 2021 telah melaksanakan Monitoring Evaluasi Prodi (Monev Prodi) terkait mekanisme pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Intenal (SPMI) untuk tahun akademik 2020-2021.

Agenda tersebut telah sesuai dengan rencana kegiatan yang disampaikan ke bagian LPM sebagai panitia pelaksaan Monev prodi di tingkat Universitas. Kegiatan Monev Prodi merupakan kegiatan yang secara rutin dilaksanakan pada setiap akhir semester ganjil dengan indikator penilaian merujuk pada standar mutu UM Banjarmasin.  Kegiatan Monev adalah kebutuhan setiap prodi sebagai komitmen dalam menjaga dan meningkatkan budaya mutu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga pada akhirnya berdampak pada mutu lulusan prodi.

pelaksanaan Monev  pada masa pandemik ini merupakan sebuah tantangan besar bagi seluruh program studi di FKIK untuk dapat mempertahankan kualitas kegiatan untuk mengevaluasi proses yang telah dijalankan oleh Prodi maupun Fakultas apakah telah benar-benar sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan di UM Banjarmasin.

Berdasarkan hasil rapat dengan unsur pimpinan FKIK maka pelaksanaan Monev diarahkan untuk dilaksanakan secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.  Adapun rincian kegiatan Monev pada prodi di FKIK yang seluruhnya dilaksanakan secara luring, adalah sebagai berikut:

Gambar 1: Monev Prodi S1 Keperawatan

Tanggal 19 April 2021 Monev Prodi S1 Keperawatan.  Tim Monev yang ditunjuk oleh LPM adalah Bapak M. Fitriansyah, M.T selaku ketua tim dan Ibu Nita Triadisti.,M.Farm  selaku anggota tim. Kegiatan dilaksanakan di ruang prodi S1 Keperawatan dan dipimpin oleh Kaprodi S1 Keperawatan yaitu Ibu Izma Daud.,Ns, M.Kep didampingi sekretaris prodi Ibu Yeni Okvitasari.,Ns, M.Kep. Kegiatan dihadiri oleh seluruh dosen dan organ pelaksana prodi S1 Keperawatan terkait.

Gambar 2: Monev Prodi DIII Kebidanan

Tanggal 22 April 2021 Monev Prodi DIII Kebidanan Tim Monev yang ditunjuk oleh LPM adalah Ibu Raudatul Patimah selaku ketua tim dan Ibu Lita Ariani.,M.Psi  selaku anggota tim. Kegiatan dilaksanakan di ruang prodi DIII Kebidanan dan dipimpin oleh Kaprodi DIII Kebidanan  yaitu Ibu Zaiyidah Fathony.,M.Keb dan dihadiri oleh seluruh dosen dan organ pelaksana prodi DIII Kebidanan terkait.

Gambar 3: Monev Prodi DIII Keperawatan

Tanggal 03 Mei 2021 Monev Prodi DIII Keperawatan. Tim Monev yang ditunjuk oleh LPM adalah Ibu Hafizhatu Nadia selaku ketua tim dan Ibu Humairoh Razak  selaku anggota tim. Kegiatan dilaksanakan di ruang prodi DIII Keperawatan dan dipimpin oleh Kaprodi DIII Keperawatan yaitu Ibu Noor Amaliah.,Ns, M.Kep dan dihadiri oleh beberapa dosen dan organ pelaksana prodi DIII Keperawatan terkait.

Gambar 4: Monev Prodi Profesi Ners

Tanggal 04 Mei 2021 Monev Prodi Profesi Ners. Tim Monev yang ditunjuk oleh LPM adalah Bapak Ahmad Lazwardi, S.Pd, M.Sc selaku ketua tim dan Bapak M. Irfan Zamzami, M.Farm.,Apt  selaku anggota tim. Kegiatan dilaksanakan di ruang prodi Profesi Ners dan dipimpin oleh Kaprodi Profesi Ners yaitu Evy Noorhasanah, S.Kep, Ns, M.Imun didampingi sekretaris prodi Bapak Rolly Marwan Mathuridy.,Ns, M.Kep. Kegiatan dihadiri oleh seluruh dosen dan organ pelaksana prodi Profesi Ners terkait.

Kegiatan monev ini mengacu pada 9 kriteria sesuai panduan BAN-PT terbaru yaitu Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 3 tahun 2019 tentang Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi. Kegiatan monev juga didukung dengan system informasi yang digunakan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Banjarmasin yaitu SIMEDI (Sistem Informasi Monev Prodi). Hasil kegiatan monev ini menjadi sebuah checkpoint bagi seluruh prodi di FKIK dalam mencapai mutu dan tujuan yang ingin dicapai sekaligus menjadi pengingat bagi prodi akan hal-hal yang bisa terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Adapun harapan dari FKIK agar kedepannya instrument yang digunakan dalam Monev yang mengacu pada Standar Mutu UM Banjarmasin dapat mengkombinasikan antara panduan BAN-PT dengan panduan LAM-PT.Kes untuk mengakomodir prodi-prodi kesehatan yang ada di FKIK.

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *