English Teacher Learning: untuk lulusan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyahyang berdaya saing dan berwawasan global.

By in
147

Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) sebagai garda terdepan dalam memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan. Peran ini harus disambut dengan kesiapan PTMA dalam menghadapi persaingan global di Era Revolusi Industri 4.0 yang semakin ketat. Sudah saatnya PTMA berbenah untuk memperbaiki kualitas SDM dan menyusun target masa depan yang sejajar dengan perguruan tinggi terbaik nasional bahkan internasional. Sejalan dengan visi internasionalisasi tersebut, PTMA harus membuka kesempatan dan menyediakan fasilitas terbaik untuk lulusan SDM yang berdaya saing dan berwawasan global.

Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan TAFE Holmesglen Australia merancang sebuah pelatihan yang ditujukan untuk dosen Bahasa Inggris Program Studi Keperawatan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dosen dalam mengajar mata kuliah Bahasa Inggris. Dengan pelatihan yang berfokus pada teori dan implementasi model pembelajaran yang mutakhir dalam pembelajaran English for Specific Purpose (ESP), maka diharapkan pembelajaran bahasa Inggris di PTMA semakin efektif dan sesuai tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didik. Muaranya, lulusan PTMA mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk berkiprah dan mencapai kompetensi berbahasa Inggris yang terstandar sebagai bekal mereka melanjutkan studi maupun mencari pekerjaan.

Bertempat di Universitas Muhammadiyah Semarang, kegiatan dilaksanakan dari tanggal 9 – 14 Februari 2020. Kegiatan diisi dengan pelatihan metode pengajaran komunikatif, kegiatan membangun tim, latihan kegiatan, tugas untuk memfasilitasi pembuatan kurikulum. Peserta pelatihan English for Academic Purpose hanya maksimal sebanyak 28 (dua puluh delapan) dosen yang terdiri atas 14 dosen keperawatan dan 14 dosen bahasa Inggris yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif (setara TOEFL 470 atau IELTS 5.5). Salah satu pesertanya dari program studi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang dihadiri oleh Diah Retno Wulandari, Ns., M.Kep.

Tujuan dari pelatihan ini meningkatkan kompetensi dosen Prodi Keperawatan dalam mengajar Bahasa Inggris untuk Keperawatan, serta Optimalisasi penggunaan bahasa Inggris sesuai dengan kegunaan bahasa dan penjurusan dalam bidang perkuliahan di Prodi Keperawatan, dan meningkatkan kualitas lulusan yang siap di dunia kerja baik di dalam maupun luar negeri. Pelatihan terdiri dari dua fase yaitu pada fase pertama peserta ini luaran yang dihasilkan adalah pembuatan buku ajar Inggris untuk Keperawatan (English for Nursing). Kemudian fase 2 akan dilanjutkan setelah 3 bulan Publikasi bersama Holmesglen ‑ Muhammadiyah untuk menghasilkan Buku Bahasa Inggris untuk Keperawatan (English for Nursing). Ini akan menjadi karya peserta pelatihan dengan beberapa pengeditan yang dilakukan oleh Holmesglen. Review buku ini dapat dilakukan secara online berbasis pada digital learning/teleconference.

[Best_Wordpress_Gallery id=”47″ gal_title=”All images”]

54321
(1 vote. Average 5 of 5)
Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *