Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UM Banjarmasin) mengadakan kegiatan Pembukaan Pre Ners Keperawatan Medikal Bedah (KMB) dan Maternitas di Aula Lantai 4 RS Sultan Suriansyah Banjarmasin, Senin (16/01/2023). Acara pembukaan ini dihadiri oleh Direktur RS Sultan Suriansyah yang diwakili oleh Pejabat Eselon III, Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Kasie Keperawatan dan Kebidanan Intensif, darurat dan rawat inap, kasie keperawatan dan kebidanan rawat jalan, seluruh pembimbing klinik dari RS Sultan Suriansyah, serta wakil Dekan I FKIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UM Banjarmasin), Ka Prodi S1 Keperawatan beserta para dosen pembimbing pre Ners KMB dan Maternitas. 

Acara pembukaan serah terima, pembekalan dan orientasi dilaksanakan pada pukul 09.30 WITA yang dipandu oleh bagian diklat RS Selaku MC. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara pembukaan selanjutnya yakni sambutan-sambutan.

Sambutan pertama sekaligus menyerahkan mahasiswa untuk berpraktik di RS oleh Ka Prodi S1 Keperawatan Izma Daud, Ns., M.Kep menyampaikan pesan untuk bisa “memanfaatkan waktu yang singkat dalam menggali pengetahuan, keterampilan yang sudah di dapatkan di bangku akademik untuk mengimplementasikan di wahana praktik, bijak lah dalam bersosial media dengan tidak mengunggah atau mendokumentasikan kegiatan di lahan praktik. Mengambil foto pasien rumah sakit tanpa izin dari pasien dikenakan pasal pelanggaran Undang-undang ITE, hal ini terjadi bila pasien atau keluarga tidak berkenan gambar diambil dan merasa mencemarkan nama baik serta melanggar kesusilaan, terakhir mengingatkan mahasiswa untuk menjaga nama baik institusi selama berdinas di wahana praktik” pesannya

Sambutan kedua sekaligus menerima mahasiswa untuk berdinas oleh Kepala Bidang Keperawatan dan Kebidanan) oleh Zainal Arifin, S.KM., MM. “Berkoordinasi lah selalu dengan pembimbing yang ada diruangan, gali ilmu sebanyak banyak nya, apabila terjadi sesuatu kelalaian untuk segera berkoordinasi dan melaporkan sehingga bisa segera untuk diselesaikan, namun beliau berharap selama proses dinas semua berjalan lancar dan tidak terjadi masalah. Beliau mengingatkan untuk tidak melakukan dokumentasi tanpa izin dari pasien atau keluarga.

Setelah sambutan yang telah disampaikan maka acara ditutup oleh MC dan selanjutkan dilaksakan kegiatan pembekalan oleh pihak RS Sultan Suriansyah dengan materi tata Kelola RS, materi Basic Life Support, Materi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). [Penulis : Yenny Okvitasari, Dessy Hadrianti]

f
e
d
a

Previous
Next