Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin melaksanakan kegiatan Webinar Nasional Continuing Nursing Education (CNE)  ke 9 dan Borneo Global Summer Camp pada Rabu, 03 Agustus 2022. Webinar kali ini bertema ‘Sustainable Development Goals (SDGs) Good Healt and Wellbeing After Covid -19 Outbreak’.  Kegiatan CNE ini adalah agenda wajib tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa ners dan merupakan bagian dari proses pembelajaran lanjut ditahap profesi ners.

Bella Mardya, S. kep, selaku Ketua pelaksanaan melaporkan  Bahwa  kegiatan CNE kali ini tidak  hanya berisikan kegiatan Webinar saja tetapi juga akan  dilaksanakan Oral presentasion dan pelaksaan  aplikasi pengabdian masyarakat ke Desa Muhammadiyah Belangian Kecamatan aranio Kabupaten  Banjar yang merupakan rangkai acara Borneo Global Summer Camp.

Webinar nasional ini diikuti oleh Kurang lebih 600 peserta baik secara luring maupun daring yang berasal dari dalam Negeri dan Luar negeri, untuk dalam negeri berasal dari semua provinsi yang ada diIndonesia sedangkan Luar negeri berasal dari Malaysia, Pakistan dan Uganda . Peserta yang  ikut  dalam webinar ini berasal dari berbagai latar belakang seperti dosen, mahasiswa, hingga tenaga Kesehatan

Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Prof. Dr.Akhmad Khairuddin, M. Ag dalam Sambutannya menyatakan Pandemi COVID-19 yang sudah berusia dua setengah tahun di Indonesia, atau hampir tiga tahun secara global, telah menyita begitu banyak perhatian, fokus dan prioritas kita. Fokus kita yang terdistraksi oleh pandemi kemudian diterjemahkan ke dalam upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan yang sedemikian rupa, yang kemudian berdampak pada banyak aspek dan bidang. Tentu saja bidang kesehatan adalah yang paling terdampak. Angka kesakitan nasional meningkat sampai pada puncak yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Namun sebagaimana yang pepatah katakan: badai pasti berlalu. Kini kita berada pada masa pelonggaran protokol kesehatan, yang tentu saja membawa kegembiraan, terlepas dari masih dibutuhkannya kehati- hatian agar tidak menimbulkan efek euforia yang berlebihan. Angka kejadian penularan COVID-19 masih fluktuatif, dan lonjakan angka kesakitan nasional masih mengintai. Masa-masa seperti ini menurut hemat kami adalah masa yang tepat bagi kita untuk mulai mendiskusikan mengenai konsep kesehatan, kesejahteraan, atau wellbeing pasca pandemi. Maka dalam kesempatan ini kami sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Webinar CNE ke-9 yang mengangkat tema “Good health and wellbeing after COVID-19” ini. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan selama pandemi—tentunya tidak dapat diasumsikan akan berlangsung sementara. Segala bentuk adjustment atau penyesuaian yang kita lakukan tidak dapat dilihat sebagai sesuatu yang temporary, melainkan harus dilihat sebagai sesuatu yang akan bertahan dan membekas, serta menuntut kemampuan adaptasi secara mendasar. Maka diinisiasinya diskusi yang dikemas dalam bentuk webinar ini merupakan sebuah breakthrough yang perlu diapresiasi agar senantiasa membudaya.

Kegiatan Webinar diisi oleh narasumber Dari Mahsa University Malaysia ibu  Zoonoriah Dato Hj. Zakaria, AMP., AMN;PPT;PJK dengan Materi ` Learn From Overseas : Good Health & Well- being oplitimization` ; ibu. Meidiana Dwidiyanti dari Universitas  Diponegoro dengan Materi ` Holistic Nursing Concept Implementasi in Good Health & Well-being Optimization` ; dan materi terakhir disampaikan oleh Ibu Rida Millati dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin  dengan materi `Nurse Paradigma Good Health & Well- being Optimization`. Webinar Nasional ditutup dengan sesi diskusi Bersama semua narasumber yang dipandu oleh  Lenia Asyifa, S. Kep  selaku moderator.

Sedangkan acara Oral Presentasion dimenangkan oleh Juara 1 Farosana, Juara 2 Bella Mardya, S. Kep dan Juara Ke 3 Prasmitha Damayanti. Untuk Kegiatan Pengabdian di Belangian Kecamatan aranio Kabupaten  Banjar dilaksanakan dengan mengusung  Tema Rekognisi Tanda dan gejala Stroke, Penanganan  demam anak dirumah dan Konsep pelayanan 5 meja diposyandu.

Kegiatan Webinar CNE

Kegiatan Pengabdian

Kegiatan Oral Presentasion